Senin, 11 Agustus 2025

PERANGKAT LUNAK (SOFT WARE)

 ATA PELAJARAN : INFORMATIKA

KELAS : VII (TUJUH) A & C
SEMESTER : GANJIL
PERTEMUAN KE : 4
GURU PENGAMPU : FENTRI ROMALFI, SE
WAKTU PEMBELAJARAN :   AGUSTUS 2025

ELEMEN : SISTEM KOMPUTER (SK)

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer yang membentuk sebuah sistem komputasi, serta menjelaskan proses dan penggunaan kodifikasi untuk penyimpanan data dalam memori komputer.

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Peserta didik mampu memahami tentang perangkat lunak komputer

2. Peserta didik mampu mengidentifikasi perangkat lunak komputer

3. Peserta didik mampu menjelaskan perangkat lunak komputer


MATERI PEMBELAJARAN



Perangkat lunak komputer, atau disebut juga perangkat lunak, adalah sekumpulan instruksi atau program yang memungkinkan komputer untuk menjalankan berbagai tugasIa tidak memiliki bentuk fisik, namun sangat penting untuk mengoperasikan perangkat keras komputer dan memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer. 



Berikut adalah beberapa poin penting mengenai perangkat lunak:
Pengertian:
  • Perangkat lunak adalah sekumpulan perintah atau program yang ditulis dalam bahasa pemrograman. 
  • Perangkat lunak memungkinkan komputer untuk menjalankan berbagai aplikasi dan fungsi. 
  • Ia tidak memiliki bentuk fisik seperti perangkat keras, tetapi sangat penting untuk menjalankan komputer. 
Fungsi:
  • Menjalankan aplikasi dan program.
  • Memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer.
  • Mengatur operasi perangkat keras.
  • Menyediakan berbagai fungsi, seperti pengolah kata, pengolah angka, desain grafis, dan lain-lain. 
Jenis-jenis Perangkat Lunak:
Contoh Perangkat Lunak:
  • Sistem Operasi: Windows, macOS, Linux.
  • Aplikasi: Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint), Adobe Photoshop, Google Chrome.
  • Utilitas: Antivirus, perangkat lunak pencadangan. 
Perangkat lunak terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, dan sangat penting untuk berbagai aspek kehidupan modern, dari pekerjaan hingga hiburan. 

TUGAS

1. Mencari macam-macam perangkat lunak yang melalui serch engine google

2. mendifinisiakn masing-masing perangkat lunak tersebut

KESIMPULAN :

Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran peserta didik mampu mengerti, mengidentifikasi dan menjelaskan tentang perangkat lunak


PENUTUP

Baiklah anak2 ku semuanya demikianlah kegiatan pembelajaran pada hari ini semoga memberikan ilmu dan manfaat untuk kita semua,
jgn lupa untuk Literasi, tetap semangat, jangan lupa beribadah dan berdo'a,
Kita berjumpa kembali minggu depan...Bunda akhiri Billahi taufik wal hidayah, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  ATA PELAJARAN : INFORMATIKA KELAS : VII (TUJUH) A & C SEMESTER : GANJIL PERTEMUAN KE : 4 GURU PENGAMPU : FENTRI ROMALFI, SE WAKTU PEMB...