MATA PELAJARAN : INFORMATIKA
KELAS : VII (TUJUH) A-B-C-D
SEMESTER : GANJIL
PERTEMUAN KE : 7 (Tujuh)
GURU PENGAMPU : FENTRI ROMALFI, SE
WAKTU PEMBELAJARAN : 14 - 17 April 2025
ELEMEN : DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA
CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
- Pada akhir fase D, peserta didik mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer yang membentuk sebuah sistem komputasi, serta menjelaskan proses dan penggunaan kodifikasi untuk penyimpanan data dalam memori komputer.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu memahami tentang masyarakat digital
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi tentang konsep kolaborasi masyarakat digital
3. Peserta didik mampu mengidentifikasi tentang paltform masyarakat digital
MATERI PEMBELAJARAN
4.1
Konsep Kolaborasi Masyarakat Digital
S |
ecara etimologi, collaborative berasal dari kata co dan labor yang mengandung makna sebagai penyatuan tenaga atau peningkatan kemampuan yang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan atau yang telah disepakati bersama. Selanjutnya, kata kolaborasi sering kali digunakan untuk menjelaskan proses penyelesaian pekerjaan yang bersifat lintas batas, lintas sektor, lintas hubungan (O’Leary, 2010), ataupun lintas organisasi bahkan lintas negara sekalipun. Adapun secara terminologi kolaborasi mengandung makna yang sangat umum dan luas yang mendeskripsikan adanya situasi tentang terjadinya kerja sama antara dua orang ataupun institusi atau lebih yang saling memahami permasalahan masing-masing secara bersama-sama dan berusaha untuk saling membantu memecahkan permasalahan masing-masing secara bersama-sama pula. Bahkan secara lebih spesifik, kolaborasi merupakan kerja sama yang intensif untuk menanggulangi permasalahan kedua pihak secara bersamaan.
(sumber : https://medhyhidayat.com/teknologi-dan-manusia-di-era-digital/)
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia Kolaborasi adalah kerja sama sedangkan digital berarti
berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu (yang terkomputerisasi). Konsep kolaborasi digital saat ini
semakin berkembang sejalan dengan semakin canggihnya teknologi. Kolaborasi digital sendiri,
secara konsep dapat diartikan sebagai suatu kerjasama untuk berbagi informasi
dan menghasilkan tujuan bersama. Jadi konsep ini memungkinkan penggabungan
beberapa industri sekaligus. Beberapa pelaku industri dengan menggunakan sebuah
teknologi, misalnya aplikasi atau perangkat lain yang berkaitan dengan
teknologi untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan masing-masing. Contoh
dari kolaborasi digital adalah:
· Penjual
produk mengiklankan produknya di marketplace, kemudian ketika ada pembeli maka
diantar oleh jasa transportasi online.
· Seorang
marketing memasarkan produknya di dunia maya dan berbagi data cara menjual dan
data penjualan dengan orang lain di daerah lainnya.
4.2 Platform Masyarakat Digital
Saat ini, orang sudah banyak
yang menggunakan cara digital marketing untuk melakukan promosi terhadap usaha
yang sedang dijalani. Terlebih sudah banyak pengguna yang melakukan transaksi
jual beli melalui platform digital, karena dinilai lebih efektif dan efisien. Pengguna
internet di Indonesia yang setiap tahunnya selalu bertambah menjadi peluang
bagi pengusaha untuk memasarkan usaha mereka kepada pengguna internet dengan sangat
mudah. Berikut ini merupakan platform digital yang sering digunakan oleh pengusaha untuk kegiatan digital
marketing :
1.
Website
Website merupakan tempat pertama untuk mencari
sebuah informasi. Pemilik bisnis biasanya melakukan proses marketing melalui
tulisan berupa informasi yang disisipi promosi. Banyak para pelaku usaha yang
menggunakan website sebagai branding, agar bisnisnya dijangkau oleh banyak
orang.
2.
Facebook
Facebook merupakan salah satu aplikasi yang
memiliki pengguna terbesar dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Banyak dari
pengusaha yang memasarkan produk melalui facebook karena jangkauan pasarnya
sangat luas. Pengguna
(user) facebook tidak hanya untuk mengupdate status, tetapi juga mencari
informasi atau rekomendasi sebuah produk. Adanya fitur untuk iklan pada facebook, membuat
penggunanya bisa dengan mudah memasang iklan di Facebook.
3. Youtube
Youtube merupakan salah satu platform atau
aplikasi yang sering diakses banyak orang. Biasanya orang mengakses youtube
untuk mencari hiburan, belajar, dan manfaatnya untuk pengusaha sebagai salah
satu platform untuk memasang iklan. Membuat iklan untuk ditampilkan di youtube membutuhkan ilmu atau
keahlian tersendiri yang harus dipelajari. Membuat konten iklan harus yang
berkualitas supaya bisa menarik para pelanggan atau pengguna youtube untuk
mengunjungi produk yang diiklankan.
4.
Whatsapp
Aplikasi Wahtsapp sudah memiliki dua tipe yang
berbeda, yaitu whatsapp (untuk pribadi) dan whatsapp business (untuk orang yang
memiliki usaha). Whatsapp business sendiri hampir sama dengan whatsapp biasa,
bedanya adalah whatsapp business dibuat untuk Anda yang memiliki usaha. Fitur-fitur yang disediakan
juga memudahkan para pengusaha mudah dalam melayani pelanggan. Seperti fitur
balas cepat yang ditampilkan apabila pelanggan melakukan chat pertama kali
kepada Anda. Saat Anda sibuk dengan urusan lain, fitur balas cepat ini akan
membantu untuk Anda tetap bisa merespon pelanggan
5.
Instagram
Instagram adalah platform yang sering
digunakan untuk kegiatan digital marketing. Indonesia menempati urutan keempat
sebagai negara dengan pengguna instagram terbesar di dunia. Hal itu mendorong para
pengusaha untuk membuat promosi usaha melalui media instagram tersebut.
Di instagram, iklan yang banyak ditampilkan adalah berupa foto atau video. Di
Instagram tidak hanya bisa memasarkan produk yang dijual saja, tetapi bisa
memperlihatkan video proses dibuatnya produk supaya menarik kepercayaan para
pelanggan.
6.
LINE
LINE sebagai perusahaan pesan instan, telah membuat sebuah kemajuan untuk
mendukung para pengusaha yang ingin memasarkan produk lebih luas lagi. Salah
satunya dengan fitur Business contact yang memberikan manfaat untuk memudahkan
pengguna LINE dengan penjual berkomunikasi secara real time. Dengan menggunakan LINE, bisa
dengan mudah melakukan pesan broadcast kepada setiap kontak pelanggan tentang
produk yang dijual, masukkan tambahan foto atau gambar yang bisa menarik
pelanggan pada produk Anda.
7. Tik
Tok
TikTok merupakan platform digital marketing paling
Trending saat ini. Pengguna TikTok di Indonesia sangatlah banyak, karena itu
banyak pemilik usaha yang melakukan kegiatan pemasaran di platform ini. Saat
ini TikTok juga sudah memiliki fitur iklan, bentuk promosinya berupa video
singkat dengan musik khas anak milenial, karena itu strategi ini dianggap
sangat efektif untuk melakukan kegiatan marketing.
Kesimpulan :
Kegiatan pembelajaran pada hari ini dapat dsimpulkan bahwa peserta didik mampu memahami tentang KOLABORASI DALAM MASYARAKAT DIGITAL.
Tugas Mandiri :
- Latihan Soal
Sumber belajar/Referensi :
- Buku Modul Informatika Kelas 7
Materi minggu depan adalah Penerapan masyarakat digital melalui Platform Digital.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar