MATA PELAJARAN : INFORMATIKA
KELAS : VII (TUJUH) A-B-C-D
SEMESTER : GANJIL
PERTEMUAN KE : 14 (Empat Belas)
GURU PENGAMPU : FENTRI ROMALFI, SE
WAKTU PEMBELAJARAN : 11 November 2024
ELEMEN : ALGORITMA DAN FLOWCHART (AP)
CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
- Pada akhir fase D, peserta didik mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer yang membentuk sebuah sistem komputasi, serta menjelaskan proses dan penggunaan kodifikasi untuk penyimpanan data dalam memori komputer.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu memahami tentang pengertian Algoritma
2. Peserta didik mampu memahami tentang ciri-ciri Algoritma
3. Peserta didik mampu memahami tentang karakteristik Algoritma
4. Peserta didik mampu memahami tentang pengertian Flowchart
5. Peserta didik mampu memahami jenis-jenis Flowchart dan simbol Flowchart
MATERI PEMBELAJARAN
ALGORITMA
Algoritma merupakan urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Algoritma berasal dari nama terakhir Muhammad ibnu Musa Al-Khowarizmi. Seorang ahli matematika terkenal dan penulis pada abad ke-8 dan 9 masehi yang berasal dari Persia. Al-Khowarizmi adalah seorang guru di Institut Matematika di Baghdad dan penulis buku Kitab Al-Jabr wal Muqaabalah, yang berarti “Aturan Menyatukan dan Memisahkan”. Buku tersebut merupakan satu dari buku teks matematika paling awal, dan judul tersebut memberikan kita kata Aljabar (Schneider & Gersting, 2010).
Karakteristik suatu Algoritma antara lain :
1. Tertata dengan baik : Langkah-langkahnya dalam urutan yang jelas.
2. Jelas : Operasi yang digambarkan dipahami oleh suatu komputasi tanpa penyederhanaan lebih lanjut.
3. Dapat dihitung secara efektif : Komputasi tersebut sebenarnya dapat melakukan operasi.
· Tabel contoh algoritma di dalam kehidupan sehari-hari
No. | Proses | Algoritma | Langkah Algoritma |
1 | Membuat Nasi Goreng | Resep Nasi Goreng | Siapkan alat dan bahan, siapkan wajan dan hidupkan api kompor, tunagkan minyak gorang, Masukan bumbu hingga wangi, masukan telor, masukan nasi, dsb. |
2 | Berangkat Sekolah | Rute Jalan | Berangkat dari rumah menuju arah barat, kemudian di perempatan belok kanan, dsb. |
3 | Kegiatan Belajar Sekolah | Jadwal Pelajaran | Masuk jam 07.00, jam pertama B. Indonesia, jam kedua Matematika, dsb. |
4 | Merakit Sepeda | Panduan Merakit | Sambungkan komponen A dengan komponen B, dsb. |
5 | Menjahit Pakaian | Pola Pakaian | Buatlah garis pada kain, kemudian gunting kain dari arah dalam, dsb. |
Salah satu contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari :
Contoh 1 Ketika ingin makan, langkah-langkah yang dilakukan adalah : 1. Cuci Tangan / siapkan sendok dan garpu 2. Siapkan Piring 3. Ambil nasi, taruh nasi di atas piring 4. Ambil Lauk, taruh lauk di atas nasi 5. Ambil air minum di gelas 6. Membaca doa sebelum makan 7. Makan 8. Selesai makan, baca doa sesudah makan 9. Cuci piring |
· Tabel tentang kriteria suatu algoritma dan ciri penting algoritma
Kriteria Suatu Algoritma | Ciri Penting Algoritma |
- Ada input dan output
- Efektifitas dan efisien
- Terstruktur
| - Algoritma harus berhenti setelah menjalankan sejumlah langkah terbatas. - Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (ambiguitas). - Algortima memiliki nol atau lebih masukan. - Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran. - Algoritma harus efektif (setiap langkah sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal). |
A. Contoh permasalahan dengan menggunakan algoritma
Beberapa contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari.
1. Membuat Kopi
Sebelum menyusun algoritma membuat kopi, Anda perlu mendefinisikan masukan (input) dan keluaran (output) terlebih dahulu. Untuk algoritma membuat kopi, maka input-nya berupa bubuk kopi dan output berupa minuman kopi panas.
Dengan begitu, contoh algoritma untuk membuat kopi adalah sebagai berikut:
- Siapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan, seperti cangkir, sendok, kopi, gula, dan air panas.
- Masukkan kopi dan gula ke dalam cangkir.
- Masukkan air panas ke dalam cangkir.
- Aduk campuran kopi dan gula menggunakan sendok.
- Kopi sekarang selesai dibuat dan siap disajikan.
- Selesai.
FLOWCHART
3.1 Flowchart
Flowchart
merupakan sebuah alat grafis yang menjelaskan cara penyelesaian masalah
penanganan informasi (Chapin, 1970). Flowchart merupakan sebuah diagram yang
terdiri dari bentuk kotak, wajik, dan lainnya, terhubung oleh panah, tiap
bentuk mewakili sebuah langkah dalam proses, dan panah menunjukkan urutan.
Flowchart mengkombinasikan simbol dan garis alir, untuk menunjukkan seperti apa
operasi dari suatu algoritma.
Berikut ini
ada dua macam flowchart :
1. System flowchart
System
flowchart yaitu bagan yang memperlihatkan urutan
prosedure dan proses dari beberapa file di dalam media tertentu. Melalui flowchart ini terlihat jenis media
penyimpanan yang dipakai dalam
pengolahan data. Selain itu juga menggambarkan file yang dipakai sebagai
input dan output. Tidak digunakan untuk
menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah namun hanya untuk
menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk.
2. Program flowchart
Program
flowchart merupakan urutan instruksi yang digambarkan
dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program. Bagan yang
memperlihatkan urutan dan hubungan
proses dalam suatu program. Dua jenis
metode penggambaran program flowchart adalah Conceptual flowchart (menggambarkan alur pemecahan masalah secara
global) dan Detail flowchart
(menggambarkan alur pemecahan masalah secara rinci).
Kesimpulan :
Kegiatan pembelajaran pada hari ini dapat dsimpulkan bahwa peserta didik mampu memahami tentang Algoritma, yaitu pengertian, ciri dan karakteristik Algortima serta bisa menyelesaikan suatu permasalahan menggunakan Algoritma.
Sumber belajar/Referensi :
- Buku Modul Informatika Kelas 7
Materi minggu depan adalah Flowchart.......
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar