MATA PELAJARAN : INFORMATIKA
KELAS : VII (TUJUH) A-B-C-D
SEMESTER : GANJIL
PERTEMUAN KE : 12 (Dua Belas)
GURU PENGAMPU : FENTRI ROMALFI, SE
WAKTU PEMBELAJARAN : 28 Oktober 2024
ELEMEN : ALGORITMA DAN FLOWCHART (AP)
CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
- Pada akhir fase D, peserta didik mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer yang membentuk sebuah sistem komputasi, serta menjelaskan proses dan penggunaan kodifikasi untuk penyimpanan data dalam memori komputer.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu memahami tentang pengertian Algotima
2. Peserta didik mampu memahami tentang ciri-ciri Algoritma
3. Peserta didik mampu memahami tentang karakteristik Algoritma
MATERI PEMBELAJARAN
ALGORITMA
|
Algoritma
merupakan urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara
sistematis dan logis. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma.
Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai
salah atau benar. Algoritma berasal dari nama terakhir Muhammad ibnu Musa
Al-Khowarizmi. Seorang ahli matematika terkenal dan penulis pada abad ke-8 dan 9
masehi yang berasal dari Persia. Al-Khowarizmi adalah seorang guru di Institut
Matematika di Baghdad dan penulis buku Kitab Al-Jabr wal Muqaabalah, yang
berarti “Aturan Menyatukan dan Memisahkan”. Buku tersebut merupakan satu dari
buku teks matematika paling awal, dan judul tersebut memberikan kita kata
Aljabar (Schneider & Gersting, 2010).
Karakteristik
suatu Algoritma antara lain :
1.
Tertata dengan baik :
Langkah-langkahnya dalam urutan yang jelas.
2.
Jelas : Operasi yang digambarkan
dipahami oleh suatu komputasi tanpa penyederhanaan lebih lanjut.
3.
Dapat dihitung secara efektif :
Komputasi tersebut sebenarnya dapat melakukan operasi.
· Tabel
contoh algoritma di dalam kehidupan sehari-hari
No. |
Proses |
Algoritma |
Langkah Algoritma |
1 |
Membuat
Nasi Goreng |
Resep
Nasi Goreng |
Siapkan
alat dan bahan, siapkan wajan dan hidupkan api kompor, tunagkan minyak
gorang, Masukan bumbu hingga wangi, masukan telor, masukan nasi, dsb. |
2 |
Berangkat
Sekolah |
Rute
Jalan |
Berangkat
dari rumah menuju arah barat, kemudian di perempatan belok kanan, dsb. |
3 |
Kegiatan
Belajar Sekolah |
Jadwal
Pelajaran |
Masuk
jam 07.00, jam pertama B. Indonesia, jam kedua Matematika, dsb. |
4 |
Merakit
Sepeda |
Panduan
Merakit |
Sambungkan
komponen A dengan komponen B, dsb. |
5 |
Menjahit
Pakaian |
Pola
Pakaian |
Buatlah
garis pada kain, kemudian gunting kain dari arah dalam, dsb. |
Salah
satu contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari :
Contoh
1 Ketika ingin
makan, langkah-langkah yang dilakukan adalah : 1.
Cuci Tangan / siapkan sendok
dan garpu 2.
Siapkan Piring 3.
Ambil nasi, taruh nasi di
atas piring 4.
Ambil Lauk, taruh lauk di
atas nasi 5.
Ambil air minum di gelas 6.
Membaca doa sebelum makan 7.
Makan 8.
Selesai makan, baca doa
sesudah makan 9.
Cuci piring |
· Tabel
tentang kriteria suatu algoritma dan ciri penting algoritma
Kriteria Suatu Algoritma |
Ciri
Penting Algoritma |
- Ada input dan output - Efektifitas dan efisien - Terstruktur |
-
Algoritma harus berhenti
setelah menjalankan sejumlah langkah terbatas. -
Setiap langkah harus
didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (ambiguitas). -
Algortima memiliki nol atau
lebih masukan. -
Algoritma memiliki nol atau
lebih keluaran. -
Algoritma harus efektif
(setiap langkah sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk
akal). |
A. Contoh permasalahan dengan
menggunakan algoritma
Beberapa contoh algoritma dalam
kehidupan sehari-hari.
1.
Membuat Kopi
Sebelum menyusun algoritma membuat kopi, Anda perlu mendefinisikan masukan (input)
dan keluaran (output) terlebih dahulu. Untuk algoritma membuat kopi,
maka input-nya berupa bubuk kopi dan output berupa minuman
kopi panas.
Dengan begitu, contoh algoritma untuk membuat kopi adalah
sebagai berikut:
- Siapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan,
seperti cangkir, sendok, kopi, gula, dan air panas.
- Masukkan kopi dan gula ke dalam cangkir.
- Masukkan air panas ke dalam cangkir.
- Aduk campuran kopi dan gula menggunakan
sendok.
- Kopi sekarang selesai dibuat dan siap
disajikan.
- Selesai.
Kesimpulan :
Kegiatan pembelajaran pada hari ini dapat dsimpulkan bahwa peserta didik mampu memahami tentang Algoritma, yaitu pengertian, ciri dan karakteristik Algortima serta bisa menyelesaikan suatu permasalahan menggunakan Algoritma.
Sumber belajar/Referensi :
- Buku Modul Informatika Kelas 7
Materi minggu depan adalah Flowchart.......
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar