Senin, 05 Mei 2025

KOLABORASI MASYARAKAT DIGITAL

MATA PELAJARAN : INFORMATIKA

KELAS : VII (TUJUH) A-B-C-D
SEMESTER : GANJIL
PERTEMUAN KE : 11 (Sebelas)
GURU PENGAMPU : FENTRI ROMALFI, SE
WAKTU PEMBELAJARAN :  05 Mei 2025

ELEMEN : DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)

Pada akhir fase D, peserta didik mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer yang membentuk sebuah sistem komputasi, serta menjelaskan proses dan penggunaan kodifikasi untuk penyimpanan data dalam memori komputer.

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Peserta didik mampu memahami tentang masyarakat digital

2. Peserta didik mampu mengidentifikasi tentang konsep kolaborasi masyarakat digital

3. Peserta didik mampu mengidentifikasi tentang paltform masyarakat digital


MATERI PEMBELAJARAN

4.1 Konsep Kolaborasi Masyarakat Digital

S

ecara etimologi, collaborative berasal dari kata co dan labor yang mengandung makna sebagai penyatuan tenaga atau peningkatan kemampuan yang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan atau yang telah disepakati bersama. Selanjutnya, kata kolaborasi sering kali digunakan untuk menjelaskan proses penyelesaian pekerjaan yang bersifat lintas batas, lintas sektor, lintas hubungan (O’Leary, 2010), ataupun lintas organisasi bahkan lintas negara sekalipun. Adapun secara terminologi kolaborasi mengandung makna yang sangat umum dan luas yang mendeskripsikan adanya situasi tentang terjadinya kerja sama antara dua orang ataupun institusi atau lebih yang saling memahami permasalahan masing-masing secara bersama-sama dan berusaha untuk saling membantu memecahkan permasalahan masing-masing secara bersama-sama pula. Bahkan secara lebih spesifik, kolaborasi merupakan kerja sama yang intensif untuk menanggulangi permasalahan kedua pihak secara bersamaan.

(sumber : https://medhyhidayat.com/teknologi-dan-manusia-di-era-digital/)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Kolaborasi adalah kerja sama sedangkan digital berarti berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu (yang terkomputerisasi). Konsep kolaborasi digital saat ini semakin berkembang sejalan dengan semakin canggihnya teknologi. Kolaborasi digital sendiri, secara konsep dapat diartikan sebagai suatu kerjasama untuk berbagi informasi dan menghasilkan tujuan bersama. Jadi konsep ini memungkinkan penggabungan beberapa industri sekaligus. Beberapa pelaku industri dengan menggunakan sebuah teknologi, misalnya aplikasi atau perangkat lain yang berkaitan dengan teknologi untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan masing-masing. Contoh dari kolaborasi digital adalah:

·       Penjual produk mengiklankan produknya di marketplace, kemudian ketika ada pembeli maka diantar oleh jasa transportasi online.

·       Seorang marketing memasarkan produknya di dunia maya dan berbagi data cara menjual dan data penjualan dengan orang lain di daerah lainnya.

 4.2 Platform Masyarakat Digital

Saat ini, orang sudah banyak yang menggunakan cara digital marketing untuk melakukan promosi terhadap usaha yang sedang dijalani. Terlebih sudah banyak pengguna yang melakukan transaksi jual beli melalui platform digital, karena dinilai lebih efektif dan efisien. Pengguna internet di Indonesia yang setiap tahunnya selalu bertambah menjadi peluang bagi pengusaha untuk memasarkan usaha mereka kepada pengguna internet dengan sangat mudah. Berikut ini merupakan platform digital yang sering digunakan oleh pengusaha untuk kegiatan digital marketing :

 

1.      Website

Website merupakan tempat pertama untuk mencari sebuah informasi. Pemilik bisnis biasanya melakukan proses marketing melalui tulisan berupa informasi yang disisipi promosi. Banyak para pelaku usaha yang menggunakan website sebagai branding, agar bisnisnya dijangkau oleh banyak orang.

 

2.      Facebook

Facebook merupakan salah satu aplikasi yang memiliki pengguna terbesar dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Banyak dari pengusaha yang memasarkan produk melalui facebook karena jangkauan pasarnya sangat luas. Pengguna (user) facebook tidak hanya untuk mengupdate status, tetapi juga mencari informasi atau rekomendasi sebuah produk. Adanya  fitur untuk iklan pada facebook, membuat penggunanya bisa dengan mudah memasang iklan di Facebook.

 


3.      Youtube

Youtube merupakan salah satu platform atau aplikasi yang sering diakses banyak orang. Biasanya orang mengakses youtube untuk mencari hiburan, belajar, dan manfaatnya untuk pengusaha sebagai salah satu platform untuk memasang iklan. Membuat iklan untuk ditampilkan di youtube membutuhkan ilmu atau keahlian tersendiri yang harus dipelajari. Membuat konten iklan harus yang berkualitas supaya bisa menarik para pelanggan atau pengguna youtube untuk mengunjungi produk yang diiklankan.

 

4.      Whatsapp

Aplikasi Wahtsapp sudah memiliki dua tipe yang berbeda, yaitu whatsapp (untuk pribadi) dan whatsapp business (untuk orang yang memiliki usaha). Whatsapp business sendiri hampir sama dengan whatsapp biasa, bedanya adalah whatsapp business dibuat untuk Anda yang memiliki usaha. Fitur-fitur yang disediakan juga memudahkan para pengusaha mudah dalam melayani pelanggan. Seperti fitur balas cepat yang ditampilkan apabila pelanggan melakukan chat pertama kali kepada Anda. Saat Anda sibuk dengan urusan lain, fitur balas cepat ini akan membantu untuk Anda tetap bisa merespon pelanggan

 

5.      Instagram

Instagram adalah platform yang sering digunakan untuk kegiatan digital marketing. Indonesia menempati urutan keempat sebagai negara dengan pengguna instagram terbesar di dunia. Hal itu mendorong para pengusaha untuk membuat promosi usaha melalui  media instagram tersebut. Di instagram, iklan yang banyak ditampilkan adalah berupa foto atau video. Di Instagram tidak hanya bisa memasarkan produk yang dijual saja, tetapi bisa memperlihatkan video proses dibuatnya produk supaya menarik kepercayaan para pelanggan.

 

6.      LINE

LINE sebagai perusahaan pesan instan, telah membuat sebuah kemajuan untuk mendukung para pengusaha yang ingin memasarkan produk lebih luas lagi. Salah satunya dengan fitur Business contact yang memberikan manfaat untuk memudahkan pengguna LINE dengan penjual berkomunikasi secara real time. Dengan menggunakan LINE, bisa dengan mudah melakukan pesan broadcast kepada setiap kontak pelanggan tentang produk yang dijual, masukkan tambahan foto atau gambar yang bisa menarik pelanggan pada produk Anda.

 

7.      Tik Tok

TikTok merupakan platform digital marketing paling Trending saat ini. Pengguna TikTok di Indonesia sangatlah banyak, karena itu banyak pemilik usaha yang melakukan kegiatan pemasaran di platform ini. Saat ini TikTok juga sudah memiliki fitur iklan, bentuk promosinya berupa video singkat dengan musik khas anak milenial, karena itu strategi ini dianggap sangat efektif untuk melakukan kegiatan marketing.


Kesimpulan :

Kegiatan pembelajaran pada hari ini dapat dsimpulkan bahwa peserta didik mampu memahami tentang KOLABORASI DALAM MASYARAKAT DIGITAL.

Tugas Mandiri :

ABSEN DI KOLOM KOMENTAR BLOG INI KETIK NAMA DAN KELAS 

- Latihan Soal di Buku Modul TIK BAB 4, HALAMAN 88 - 90 (PILIHAN GANDA DAN ESSAY), DIKOREKSI PADA SAAT MASUK SEKOLAH


Sumber belajar/Referensi :


- Buku Modul Informatika Kelas 7

Materi minggu depan adalah Penerapan masyarakat digital melalui Platform Digital.

 Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2 komentar:

MATA PELAJARAN : INFORMATIKA KELAS : VII (TUJUH) A-B-C-D SEMESTER : GANJIL PERTEMUAN KE : 13 (Tiga Belas) GURU PENGAMPU : FENTRI ROMALFI, SE...